Konsep dasar OOP dan Pengertiannya

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek.
Postingan kali ini saya akan memposting mengenai "Konsep dasar OOP dan Pengertiannya"


A. Pengertian OOP (Object Oriented Programming) 
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Mengenal Object, Class, Method, dan Property
Burung itu ibarat objek yang punya nama, mata, kaki, sayap, warna, jenis. Burung juga dapat terbang, berkicau dan berjalan. Mata, kaki sayap dan warna dalam dunia pemrograman disebut juga atribut atau properties. Sedangkan aktifitasnya yaitu terbang, berkicau dan berjalan dalam dunia pemrograman disebut sebagai method.

Class adalah cetakan, template, prototype,tempat dari object, sedangkan object adalah isi dari kelas. Satu kelas dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak. Contoh sederhananya seperti berikut : satu cetakan bias menghasilkan banyak kue.

Contoh penerapannya di Java :

public class Burung {
String nama; //atribut nama
String jenis; //atribut jenis
String warna; //atribut warna
String sayap; //atribut sayap
//method terbang
public void terbang(){
this.sayap = “mengepak”;
System.out.println(“Burung “+this.nama+” Sedang Terbang”);
}
//method tidur
public void tidur(){
this.sayap = “diam”;
System.out.println(“Burung “+this.nama+” Sedang Tidur”);
}
}
Dari contoh diatas bisa diambil pengerian Attribute adalah Berbagai variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object. nama, warna, sayap, dan jenis adalah atribute dari class Burung. Method adalah implementasi dari bagaimana aktifitas / bekerjanya sebuah class. terbang dan tidur adalah method atau behaviour dari class Burung

B. Konsep OOP (Object Oriented Programming) 
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
2. Enkapsulasi (encapsulation)
3. Pewarisan (Inheritance)
4. Polimorfisme (polymorphism)

1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
    • Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
    • Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
    • Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
    • Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
2. Enkapsulasi (encapsulation)
    • Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
    • Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.
    • Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
    • Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
3. Pewarisan (Inheritance)
    • Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
    • Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
    • Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
    • Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
4. Polimorfisme (polymorphism)
    • Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
    • Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
    • Method overriding.
    • Method name overloading.
C. Karakteristik OOP (Object Oriented Programming) 
  • Semua adalah objek.
  • Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
  • Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
  • Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
  • Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
  • Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
  • Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).
  • Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu keadaan, operasi dan identitas objek.
  • Operasi merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
  • Keadaan objek merupakan koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki oleh objek pada suatu saat.
  • Informasi yang terkandung pada objek tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.
Mungkin langsung saja untuk latihan pertama / Pengenalan adalah menampilkan data pribadi yang berupa text melalui netbeans, caranya sebagai berikut :
  • Pastikan PC anda sudah terinstall aplikasi netbeans, jika belum silahkan download netbeans nya melalui www.netbeans.org dan jika udah terinstall, silahkan buka netbeansnya kemudian klik File >> New Project, Pilih Java Application dan klik tombol Next.
  • Pada Project Name beri nama sesuai dengan keinginan Anda, Kemudian Project Location = media penyimpanan project yang nantinya dibuat. jika anda ingin merubahnya silahkan klik tombol Browse dan Jika di rasa cukup klik tombol Finish.
  • Sekarang tinggal membuat class java baru, caranya klik kanan pada project kamu >> New >> java Class, pada pilihan Class Name = isikan sesuai dengan keinginan kamu. misal : profileku kemudian klik tombol Finish.
oop1
oop1
  • sekarang Class baru sudah dibikin, langkah selanjutnya tinggal mengisinya dengan codingnya. copykan kode dibawah ini persis di bawah nama class kamu, disini saya contohkan di bawah public class profileku {

  1. public static void main(String[] args) {         
  2.         System.out.println(“NIM          : 10 590 …….”);  
  3.         System.out.println(“Nama        : Nama Mahasiswa”);  
  4.         System.out.println(“Alamat      : Bandung Seokarno hatta”);         
  5.         System.out.println(“Kota           : Bandung”);  
  6.         System.out.println(“Kode POS  : 4000”);  
  7.         System.out.println(“Telepon     : 02178……….”);  
  8.         System.out.println(“Handphone : 089111………….”);  
  9.         System.out.println(“Email          : aapaaja@gmail.com”);  
  10.     }  
Untuk menjalankan program klik mouse kanan >> Run……
SourceCode Lihat
Ok, sekian dulu tentang "Konsep dasar OOP pengertiannya ", semoga bermanfaat. Jika ada kata yang kurang jelas, maupun yang salah dalam penulisan, mohon di ma'afkan, dan silahkan anda berikan komentar pada kotak komentar. Untuk tutorial selanjutnya, akan segera saya Update.
Terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung di blok saya ini, and good luck. :)

Referensi :
2. Jeni-dasarpemrogramanjava.pdf
3. Codenhead-javabasic.pdf

Posting Komentar

4 Komentar