Tutorial Implementasi Inheritance dan Getter and Setter Manusia.java pada Java NetBeans

Pada postingan kali ini saya akan memberikan pengalaman tentang tutorial mengaplikasikan Inheritance  pada pemrograman java.

Inheritance atau pewarisan dapat didefinisikan sebagai proses di mana satu kelas mengakuisisi properti (metode dan bidang) lain. Definisi lain mengatakan, pewarisan adalah atribut-atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Dengan menggunakan pewarisan, informasi dibuat, dikelola dalam urutan hirarkis. Kelas yang mewarisi sifat-sifat lainnya dikenal sebagai subclass (kelas turunan, kelas anak) dan kelas yang sifat diwariskan dikenal sebagai superclass (kelas dasar, kelas induk). Berikut merupakan sintaks untuk inheritance.



Dibawah ini akan adalah contoh dari Inheritance. Berikut langkah-langkah mengaplikasikan Inheritance pada java Netbeans. 
1. Buka program NetBeans seperti pada gambar dibawah ini:   

 

Inheritance

2. Pilih categories Java dan Project Java Application, kemudian pilih Next. Berikut tampilan pada Choose Project:


 3. Pada tampilan selanjutnya Name and Location. Tentukan Project Name dengan nama InheritancePewarisan. Berikut tampilannya:



4. Selanjutnya, buat dua class dengan nama Manusia.java dan Ali.java, sehingga terlihat seperti pada tampilan berikut ini:

5. Ketiga class tersebut, yaitu Ali.java sebagai subclass, InheritancePewarisan.java sebagai Main untuk memanggil method, dan Manusia.java sebagai class parent dari class Ali.java. Berikut merupakan class Manusia.java yang disertai getter (mengambil nilai atribut) dan setter (mengeset nilai atribut) dengan cara klik kanan pada baris 15, kemudian pilih Insert Code, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


 6. Selanjutnya, pada tampilan Generate, pilih Getter and Setter, dan akan muncul tampilan Generate Getter and Setters, ceklis pada CheckBox Manusia, maka secara otomatis CheckBox kaki dan mata akan ditandai, kemudian Generate seperti terlihat pada tampilan berikut:

7. Maka tampilan selanjutnya pada class Manusia.java adalah sebagai berikut:





8. Method dari class parent diatas akan diwariskan pada class Ali.java sebagai subclass dengan mengOverride dan mengExtends dari class Manusia.java. Berikut merupakan source code dari class Ali.java.


9. Dari source code diatas, pada line ke 17 dan 21, merupakan method yang akan dipanggil pada class Ali.java, yang berarti method yang diwariskan ke class Ali.java adalah method 'melihat' dan 'lari'. Untuk membuktikannya maka harus ada main class, yang pada kasus ini bernama class InheritancePewarisan.java. Berikut tampilannya:

10. Selanjutnya Run project  dengan menggunakan tombol F6 pada keyboard atau langsung menggunakan tombol Run seperti pada tampilan berikut ini: 


11. Berikut merupakan tampilan untuk output project InheritancePewarisan:














 


















Sekian postingan untuk kali ini. Selamat mencoba! :)





By: Syifa Nur Fauziah 13 111 046






 

Posting Komentar

0 Komentar