Toturial Java Object Interface (Hewan)

Pada kesempatan ini saya akan memberikan intruksi bagaiman cara mengimplementasikan Object Interface pada java Netbeans, sebelum itu saya akan mendefinisikan apa itu Class, Objek, Method, Attribute, Parameter dan Object Interface??

Class adalah sebuah  konsep OOP  yang digunakan untuk  mencapsulasi /membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas . Kelas juga merupakan deskripsi tergeneralisir (misal templet, pola, cetak biru) yang menggambarkan kumpulan objek yang sama.

Objek adalah digambarkan sebagai benda, orang, tempat, dan sebagainya yang ada didunia nyata yang penting bagi suatu aplikasi objek mempunyai attribut dan method.

Attribute adalah menggambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana attribut tersebut berada.

Method adalah prosedur atau fungsi yang bergabung dalam objek bersama dengan attribut. Method ini digunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut.

Parameter merupakan bagian dari method yang mana di dalam suatu method bisa memiliki 1 parameter atau lebih dari 1 parameter. Parameter itu sendiri adalah suatu bagian dari method yang mana harus di beri type data dan disini penulis menganggap suatu parameter mirip sekali dengan variable ( tetapi yang merupakan dalan bagian dari method ) yang bisa menentukan suatu nilai atau merubah suatu nilai nantinya saat di program java di jalankan ( Running )  atau di tampilkan dengan method yang sudah ada di java.

Object Interface adalah sebuah ‘kontrak’ atau perjanjian implementasi method. bagi class yang menggunakan object interface, class tersebut harus mengimplementasikan ulang seluruh method yang ada di dalam interface. dalam pemrograman objek, penyebutan object interface sering disingkat dengan ‘Interface’ saja. 

Interface lebih berperan untuk menyeragamkan method. Ia tidak masuk kedalam struktur class seperti abstract class. Jika kita menggunakan abstract class Hewan sebagai ‘konsep class’ untuk kemudian diturunkan kepada class lain seperti class Ayam, dan class Harimau, maka interface hanya ‘penyedia method’. Interface tidak termasuk kedalam pewarisan class.

Untuk membuat interface pada java pertama-tama kita harus membuta class bapak (Super Class), tetapi mengggunakan keyword Interface, seperti contoh berikut ; 



Isi dari interface adalah signature method (nama dan parameter method):


untuk menggunakan method  class bapak di class anak (Sub class) yang saya namakan Harimau & Ayam, kita menggunakan keyword implements ,  contohnya seperi ini;




dan kita juga dapat menambahkan method yang tidak dapat dimiliki oleh class bapa di class anak, seperti contoh diatas, untuk dapat mengcompile kita harus membuat class main (main class)  yang berfungsi untuk memanggil method - method yang dimiliki oleh class bapa atau pun class anak, contohnya seperti ini;



ketika kita compile maka hasilnya seperti ini;


untuk sorce codenya bisa didapat pada link github saya di sini..
Sekian dan terimakasi semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat sodara :)..

Penulis : Jaelan Sopari (13111029)



Posting Komentar

0 Komentar