Object Oriented Polymorphism Abstract Class pada Java

Teman-teman, disini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara penerapan Abstract Class pada java Netbeans. Sebelum ke pembahasan utama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Abstract Class pada Java. Abstract Class adalah kelas yang terletak pada posisi tertinggi pada hirarki kelas, kelas ini digunakan sebagai basis bagi penurunan kelas lainnya, sehingga abstrak class tidak dapat diinstansiasikan secara langsung menjadi object.
Class Abstract berisi beberapa method dan beberapa method abstract. Class Abstract berisi sebagian implementasi, dan subclass yang melengkapi implementasinya. Dengan kata lain Class Abstract memiliki beberapa kesamaan (Bagian yang diimplementasikan oleh subclass) dan memiliki perbedaan (method yang dimiliki sendiri oleh class abstract). Dapat kita lihat penerapannya dalam tutorial dibawah ini.

  1. Petama-tama buatlah sebuah kelas dengan nama PolymorphismUnggas.java sebagai bapak atau parent dari kelas Angsa.java dan Merpati.java yang harus bisa diimplement dari kelas       PolymorphismUnggas.java tambahkan “abstract” seperti yang dilingkari pada gambar dibawah.
  2. Selanjutnya isi dengan method yang nantinya akan diimplement oleh kelas Angsa.java dan Merpati.java seperti pada gambar yang dilingkari di bawah ini.
  3. Setelah itu buatlah kelas anak atau children dengan nama Angsa.java dan Merpati.java agar bisa mengimplement method dari kelas bapak atau parent seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini. Jangan lupa tambahkan extends dan untuk mengoverride klik kanan lalu pili insert code klik override.
  4. Kemudian agar program dapat di compile tambahkan kelas Main.java yang nantinya dapat memanggil method yang dimiliki oleh kelas bapak atau parent maupun anak atau children seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
  5. Selanjutnya kita buat kelas baru dengan nama Polymorphism.java kemudian pilih method apa saja yang akan ditampilkan, disini saya memilih method makan dan bertelur yang akan di tampilkan.
  6. Kmudian terakhir compile program dan akan keluar hasiknya seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.
Cukup sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. ^_~ 

Untuk lebih jelasnya klik daftar code dibawah ini!!!!
code Angsa.java


Posting Komentar

1 Komentar