JAVA: Program Sederhana Berbasis Objek (Bunga) Polimorfisme Dan Interface

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat kode pemrograman menggunakan konsep pemrograman berbasis objek (Polimorfisme dan Interface, dengan 'Bunga' yang akan saya gunakan sebagai objek.

Hal Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Netbeans Anda. Bagi Anda yang belum mempunyai aplikasi ini, silakan download dan install aplikasi ini terlebih dulu.

Anda bisa mendownload gratis software Netbeans + JDK disini.

1.Bukalah aplikasi Netbeans yang sudah Anda install.



2. Setelah itu, buatlah sebuah project baru dan berilah nama pada project yang akan Anda buat, sesuai yang Anda inginkan. Dalam kasus ini,saya akan memberi nama project saya dengan nama 'TestPolimorfismeInterface'.

3. Pada kolom filter, dikosongkan saja, jangan diisi dengan apapun. Anda hanya perlu mengabaikannya saja dan langsung mengklik tombol 'Next'.


4.  Pada pemberian nama project, harus diawali dengan huruf kapital dan tidak boleh terdapat spasi pada setiap katanya. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah.


5. Setelah itu klik tombol 'Finish'.

6. Selanjutnya akan tampil halaman seperti di bawah ini.


7. Disini saya akan menghapus setiap tulisan yang berada di dalam tanda /* ... */, karena tulisan yang berada di dalam tanda tersebut hanya akan dianggap komentar oleh compilator program, sehingga kita tidak terlalu memerlukannya. Saya juga menghapus fungsi Main, karena di dala class induk kita belum menggunakannya. Kita akan menempatkan method Main di dalam class nya sendiri, yaitu class Main. Nanti kita akan membuat class tersebut.





8. Selanjutnya saya mengganti nama pada class saya dengan nama 'Bunga.', karena class ini nantinya akan menjadi class induk/ parents/ orang tua dari class-class lainnya (class anak).



9. Lalu buatlah beberapa method pada class Bunga.java tersebut. Disini saya akan membuat method tumbuh, mekar dan mati dari Bunga. Method ini yang nantinya akan dipanggil/ diturunkan kepada class anak-anaknya.





10. Setelah itu buatlah dua class baru dengan nama Lavender.java dan Lily.java. Class ini yang nantinya akan berperan sebagai class anak dan akan mewarisi sifat dari class induknya.

11. Setelah itu taambahkan kata implements pada nama class Lvender dan class Lily.


12. Terdapat tanda peringatan pada line ke tiga. Itu hal yang wajar, karena kita belum mengoverride method yang ada di class induk ke dalam class Lavender. Untuk memperbaiki pesan peringatan tersebut, kita hanya perlu mengklik icon yang bentuk sperti lampu yang dihiasi tanda seru berwarna merah.



13. Klik 'implements all abstract method'. Itu artinya kita akan mengoverride semua metod yang ada di class induk bernama Bunga. Maka hasilnya seperti berikut ini.


14. Lalu mulailah Anda masukkan apa saja yang ingin Anda tampilkan pada cetakan output nanti.


15. Anda bisa membuat method baru di dalam masing-masing class anak, atau hanya tetap menggunakan method yang telah dioverride dari class induk. Hanya saja, jika Anda menciptakan method baru, method tersebut hanya akan menjadi milik class anak. Class induk tidak bisa mengambil method yang dimiliki anak, tidak seperti anak yang bisa mengambil method apapun yang dimiliki oleh induknya.

16. Setelah itu buatlah sebuah class baru dengan nama Polymorp.java.


17. Langkah selanjutnya, buatlah sebuah class baru dengan nama Main. java. Pada class Main, tulislah kembali fungsi main yang sebelumnya sempat kita hapus di class Bunga. Jangan lupa beri tanda ' ; '.


Terdapat tanda lampu peringatan pada line ke enam. Sama seperti sebelumnya, peringatan tersebut berisi perintah agar kita mengoverride semua method yang ada ada di class induk. Cara mengoverride method masih sama langkah-langkahnya seperti yang pernah saya lakukan di atas.

18. Setelah melakukan override, Anda boleh mengisi apapun pada sistem.out.println untuk menampilkan apa saja yang ingin Anda cetak pada hasil output nanti.


19. Lalu selanjutnya, panggil fungsi yang ada di class Polymorp.


20. Lalu compile program class Main.java yang sudah Anda buat. Maka hasil cetakan output akan seperti gambar di bawah ini.



Selesai... ^_^
Bagaimana? Mudah, kan?
Selamat mencoba! =D

Untuk mendapatkan source code program ini secara keseluruhan, Anda dapat mendapatkannya disini.
Untuk mendapatkan source code lainnya mengenai Polymorfisme, Anda juga bisa mendapatkannya disini.

Terima kasih telah membaca artikel ini.


By: Caroline Panjaitan

Posting Komentar

0 Komentar